Jumat, 18 Maret 2011

Bagaimana mencegah kanker serviks???

Saat ini kanker serviks dapat dibantu dicegah dengan pemberian vaksin yang dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi HPV. Sebuah vaksin anti HPV yang membantu memberikan perlindungan terhadap HPV tipe 16 dan 18, yang merupakan penyebab dari 70% kasus kanker serviks serta HPV tipe 6 and 11 yang menyebabkan 90% dari kasus gerital warts.
Setelah terjadi infeksi HPV pertama, perkembangan kearah kanker serviks bergantung dari jenis HPV resiko tinggi atau rendah, yang biasa disebut lesi pra kanker. HPV tipe resiko rendah (6 dan 11) hampir tidak beresiko menjadi kanker serviks tapi dapat menimbulkan genital warts.
Sebagian besar infeksi HPV akan sembuh dengan sendirian dalam 1-2 tahun karena adanya system kekebalan tubuh alami. Namun demikian infeksi menetap yang disebabkan oleh tipe-tipe HPV resiko tinggi seperti tipe 16 atau 18 akan mengarah pada kanker serviks. Kanker serviks mulai berkembang ketika sel-sel abnormal pada dinding serviks mulai memperbanyak dirai tanpa terkontrol dan membentuk sebuah benjolan yang disebut tumor.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar