Jumat, 18 Maret 2011

KANKER SERVIKS

Kanker serviks (servical cancer) adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim atau serviks. Serviks adalah bagian rahim yang menghubungkan rahim sebelah atas dengan vagina. Diadaptasi dari: female reproductive system and serviks.
Gejala awal kondisi pra-kanker umumnya ditandai dengan ditemukannya sel-sel abnormal serviks melalui tes pap smear.
Sering kali kanker serviks tidak menimbulkan gejala namum bila sel-sel abnormal ini berkembang menjadi kanker serviks, barulah muncul gejala-gejala sebagai:
 1. Pendarahan vagina yang tidak normal seperti 
  • Pendarahan diantara periode menstruasi yang regular.
  • Periode menstruasi yang lebih lama dan lebih banyak dari biasanya.
  • Pendarahan setelah hubungan seksual atau pemeriksaan panggul.    
2. Rasa sakit saat berhubungan seksual  
Bila mengalami salah satu gejala diatas, segeralah hubungi dokter: kondisi diatas tidak selalu disebabkan oleh kanker serviks, tapi dapat merupakan tanda infeksi vagina yang perlu segera diobati. Lebih dari 95% dari kanker serviks disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai Human Pappiloma virus (HPV).
HPV adalah sejenis virus yang dapat menginfeksi manusia. Terdapat lebih dari 100 tipe HPV dimana sebagian besar tidak berbahaya, tidak menimbulkan gejala yang terlihat dan akan hilang dengan sendirinya.
Infeksi HPV paling sering terjadi pada kalangan dewasa muda (18-28 tahun). Tes pap smear (tes pap) dapat mendeteksi adanya sel yang tidak normal pada serviks sedini mungkin.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar